Indra Sjafri Dipecat Karena Hanya Bisa Kalahkan Tim Lemah

PSSI resmi berhentikan Indra sjafri menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19. Kegagalan di dua event, Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 jadi stimulus Indra didepak dari Skuat Garuda Nusantara.

Sebelumnya kabar Indra Sjafri akan didepak dari timnas U-19 sudah santer terdengar. Kini kabar tersebut bukanlah isapan jempol belaka. PSSI memberhentikan dan menempatkan Indra Sjafri ke jabatan baru.

Rekor Indra Sjafri tampaknya jadi pertimbangan mengapa PSSI memilih berhentikan Indra Sjafri. Timnas U-19 kalah dari Thailand lewat adu penalti dan hanya berada di tempat ketiga.

Sedangkan di Kualifikasi Piala Asia, timnas U-19 mencatat dua kemenangan 5-0 atas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Namun Indonesia juga kalah telak dari Korea Selatan 0-4 dan Malaysia 1-4. Kelalahan terakhir tampaknya menjadi puncak evaluasi Indra Sajfri di timnas U-19.

Menariknya, Indra Sjafri kerap kesulitan mengalahkan tim yang punya kekuatan setara seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Timnas U-19 hanya menang dengan tim setara saat berhadapan dengan Myanmar di laga penyisihan grup Piala AFF U-18 2017.

Rekor kemenangan Indra pun diraih saat berhadapan dengan tim dengan kualitas di bawah Indonesia. Anak asuh Indra selau menang besar jika berhadpaan dengan tim sekelas Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Rekor Timnas Indonesia U-19 di Tangan Indra Sjafri

Turnamen Toulon

Indonesia 0-1 Brasil
Indonesia 0-2 Rep.Ceko
Indonesia 1-2 Skotlandia

Piala AFF U-18 2017

Indonesia 2-1 Myanmar
Indonesia 9-0 Filipina
Indonesia 0-3 Vietnam
Indonesia 8-0 Brunei
Indonesia 2-3 (0-0) Thailand

Kualifikasi Piala Asia U-19 2018

Indonesia 5-0 Brunei
Indonesia 5-0 Timor Leste
Indonesia 0-4 Korea Selatan
Indonesia 1-4 Malaysia