Ternyata PSSI Sudah Evaluasi Luis Milla Sebelum Indra Sjafri

PSSI telah selesai mengevaluasi pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri pada Selasa 21 November. Hasilnya, kontrak mantan pelatih Bali United tersebut tidak diteruskan PSSI.

Namun, Indra bukan pelatih pertama yang dievaluasi PSSI. Sebelumnya, mereka sudah mengevaluasi pelatih Indonesia U-23 dan senior, Luis Milla.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha, menyebut evaluasi Milla sudah dilakukan sebelum pertandingan Indonesia U-23 dan senior menghadapi Suriah U-23 pekan lalu.

“Milla sendiri kita sudah dua kali evaluasi. Dari sebelum persiapan melawan Suriah. Itu ada evaluasinya. Karena sejak kemarin melawan Suriah pada pertandingan pertama dan pertandingan kedua, kami sudah memulai evaluasi untuk pelatih menuju persiapan Asian Games,” ujar Tisha.

“Kemudian hasilnya itu. Teman-teman jangan membayangkan hasilnya itu hanya ada dua, dipecat atau dilanjutkan,” ujar Tisha.

“Kalau masih membicarakan dua hasil itu artinya betapa perlunya kita merevolusi pengetahuan sepak bola Indonesia. Hasil evaluasi itu adalah perbaikan tim. Intinya itu, mau pelatih nanti masih selamat atau tidak selamat atau bagaimana, itu adalah efek saja,” tutur Tisha.

Milla ditunjuk PSSI melatih Indonesia U-23 dan tim senior pada Januari. Sejauh ini, ia sudah memberikan satu prestasi untuk Indonesia U-23, yakni meraih perunggu di ajang SEA Games 2017. Itu bisa didapat usai mereka berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1 di perebutan peringkat ketiga.