PSSI Sudah Kirimkan Daftar 5 Wakil ke AFC, Ini Klubnya

PSSI telah mendaftarkan 5 klub Indonesia ke konfederasi sepakbola Asia atau AFC. Kelima klub tersebut adalah penghuni lima besar klasemen akhir kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, yakni Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Madura United. Nantinya, AFC yang akan memutuskan klub mana saja yang berhak mewakili Indonesia di kompetisi Asia.

“Kami sudah mengirim surat dan PSSI menyampaikan bahwa lima klub sudah kami setorkan namanya ke AFC. Lima itu sudah sesuai dengan peringkat Liga 1 2017,” ungkap Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Report tentang klasemen akhir kompetisi itu menjadi referensi PSSI. Jadi, urutannya sesuai dengan klasemen akhir di Liga 1,” lanjutnya.

“AFC akan melakukan sidang pada 29 dan 30 November 2017 di Bangkok dan mudah-mudahan bisa kami ketahui semuanya setelah Komite Eksekutif AFC memutuskan nama-namanya,” tambah mantan CEO PT Liga Indonesia ini.

Dari kelima klub teratas Indonesia itu, hanya tiga klub yang hampir pasti mendapatkan lisensi dari AFC, yakni Bali United, Persija Jakarta, dan Bali United. Sementara Bhayangkara FC dan PSM Makassar dinilai belum memenuhi syarat untuk tampil di Asia.

Meskipun tampil sebagai juara Liga 1 Indonesia 2017, namun Bhayangkara FC hampir dipastikan tidak akan mewakili Indonesia di Asia. Pasalnya, skuad asuhan Simon McMenemy ini terkendala dengan legalitas yang belum genap 2 tahun disahkan.

Sementara PSM Makassar tidak memenuhi syarat dalam hal stadion. Kandang tim Juku Eja, Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, dinilai belum layak untuk menggelar pertandingan internasional, termasuk di level Asia.