Beranda Kompetisi Lain Gelar Turnamen Sepak Bola Usia Dini, Ini Misi Firman Utina

Gelar Turnamen Sepak Bola Usia Dini, Ini Misi Firman Utina

Firman Utina

Firman Utina kembali menggelar turnamen kelompok usia dini yang diikuti puluhan sekolah sepak bola (SSB) di Jabodetabek. Turnamen bertajuk “Firman Utina Soccer Tournament” tersebut digelar di Stadion Benteng, Tangerang, mulai hari ini, Sabtu (8/9/2018) hingga 23 September mendatang.

Turnamen yang diikuti total 121 tim tersebut dibagi dalam lima kategori kelompok usia. Di antaranya, U-9, U-10, U-11, U-12 dan U-13.

Peserta terbanyak ada di kelompok U-9 yang diikuti 31 tim. Sedangkan U-10 diikuti 29 tim, U-11 diikuti 22 tim, U-12 diikuti 23 tim, dan 16 tim ambil bagian di U-13.

“Sebetulnya banyak yang ikut turnamen ini. Di Tangerang saja sudah banyak SSB, tapi kami akhirnya memilih tim yang belum pernah ikut, termasuk yang ada di daftar tunggu tahun kemarin. Ada beberapa tim dari luar Pulau Jawa yang ingin ikut. Bina Taruna dari Manado tahun lalu ikut, dan mereka ingin lagi. Kami lalu memilih Maesa dan Askot Manado,” ujar Firman.

“Tim dari Ternate juga ada yang ikut. Mereka melakukan seleksi di daerah masing-masing, pemenangnya baru dikirim ke sini. Kami sengaja melakukan ini. Selain waktu yang terbatas, kami juga ingin memberikan kesempatan kepada tim yang belum pernah ikut turnamen kami,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan gelandang Timnas Indonesia ini mengungkapkan misinya menggelar turnamen tersebut. Firman ingin memberikan wadah kepada pesepakbola muda agar bisa leluasa bermain secara profesional tanpa adanya tekanan dari pelatih maupun orang tua.

“Ini juga menyangkut edukasi yang baik terhadap pemain dan pelatih. Identik sepak bola usia dini, terlalu banyak orang tua ikut campur di dalam urusan strategi dan lain-lain. Padahal di usia ini belum ada strategi khusus yang diberikan,” katanya.

“Tapi lebih kepada mereka fun, bisa bermain, mengeluarkan kemampuan yang mereka punya. Dan ini bisa dipahami semua orang tua, stake holder, semua pelatih dan pemain. Sehingga pertandingan ini berjalan dengan baik,” imbuh Firman. (fit/dub)