Beranda Liga 1 Hasil Liga 1: Bungkam Arema, Persib Bandung Kembali ke Puncak Kelasemen

Hasil Liga 1: Bungkam Arema, Persib Bandung Kembali ke Puncak Kelasemen

persib bandung

Pekan ke-21 Liga 1 dapat dilalui Persib Bandung dengan sempurna. Kendati kedatangan tamu kuat, Arema FC, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, ‘Maung Bandung berhasil memetik tiga poin usai menang dengan skor 2-0 pada Kamis (13/9/2018).

Sepasang gol Persib dalam laga ini dilesakkan oleh Atep pada menit ke-43 dan Bojan Malisic menit ke-63.

Atas hasil ini, Persib kembali memuncaki klasemen sementara setelah mengemas 38 poin. Sebelumnya, posisi teratas klasemen sempat diambil alih Bhayangkara FC usai menang atas Perseru pada laga yang berlangsung pada Rabu (12/9). Sedangkan, bagi Arema, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat ke-14 dengan koleksi 25 angka.

Turun arena dengan pola 4-4-2, Roberto Carlos Mario Gomez memasang Ezechiel N’Douassel dan Jonathan Bauman di depan. Oh In-Kyun dan Dedi Kusnandar kembali diutus menjadi poros di tengah. Kedua pemain itu diapit oleh Agung Mulyadi dan Ghozali Siregar. Menyoal pertahanan, Gomez tetap mengandalkan Bojan Malisic dan Victor Igbonefo.

Di kubu lawan, pelatih Arema, Milan Petrovic, tak bisa memainkan skuat terbaiknya. Arthur Cunha dan Johan Alfarizi tak dapat bermain lantaran tengah dalam kondisi tak fit. Sebagai gantinya, Petrovic menurunkan Israel Wamiau dan Ricky Ohorella sejak menit pertama dalam balutan formasi 4-3-3.

Persib dapat memegang kendali permainan sejak awal laga. Akan tetapi, tekanan-tekanan yang diberikan skuat asuhan Petrovic itu membikin pemain Persib kesulitan untuk mengembangkan permainan dan mengalirkan bola ke lini depan Alhasil, umpan-umpan pendek di pertahanan begitu dominan dilakukan oleh Malisic dan kolega.

Untuk menyiasati kebuntuan, Persib menerapan operan panjang. Dua bek mereka, Malisic dan Igbonefo, menjadi pemain yang paling rajin mengirimkan bola. Lewat skema tersebut, Persib beberapa kali mampu menciptakan situasi yang menguntungkan. Namun, blok rendah plus keputusan Arema untuk menumpuk banyak pemain di pertahanan bisa meredam serangan-serangan Persib.

Sedikit kebuntuan dari open play mendorong Persib memaksimalkan skenario lain lewat bola mati. Terlihat hasilnya pada menit ke-30. Umpan silang In-Kyun via bola mati bisa disambut N’Douassel lewat dengan sundulan, tetapi bola masih meluncur tipis di samping mistar.

Persib dapat membuka keunggulan pada menit ke-43. Pemain pengganti, Atep, menjadi protagonis. Prosesnya bermula dari operan silang Ghozali dari sisi kiri. Bola yang melayang di dalam kotak mampu ditepis oleh kiper Utam Rusdiana. Akan tetapi, bola liar melayang ke arah Atep dan dikonversikan menjadi gol.

Tak puas dengan satu gol, Persib terus melancarkan serangan dan nyaris menggandakan keunggulan di masa injury time. Namun, sundulan N’Douassel masih membentur mistar. Skor 1-0 untuk kemenangan Persib menutup paruh pertama.

Jual beli serangan cukup intens terjadi selepas jeda. Di awal babak kedua, Arema mampu menciptakan beberapa situasi yang menguntungkan untuk meneror gawang M. Natsir. Akan tetapi, barisan bertahan Persib masih cekatan dalam mematahkan serangan Arema.

Persib dapat menggandakan keunggulan di menit ke-63. Umpan silang via sepakan pojok bisa disambut In-Kyun melalui tandukan. Akan tetapi, bola membentur mistar gawang. Beruntung bagi Persib, Malisic mampu menyontek bola liar yang menggelinding di depan gawang.

Arema meningkatkan agresivitas serangan dan menerapkan garis pertahanan tinggi untuk memangkas defisit gol. Dengan begitu, daya gedor Arema semakin besar dan tusukan mereka dari kedua sisi semakin tajam. Namun, peluang-peluang yang mereka dapatkan tak ada yang berujung gol. Seperti tembakan Konate di menit ke-67 dan Hamkan di menit ke-80 yang masih melebar.

Pada menit ke-82, Persib berupaya menambah kekuatan di pertahanan dengan menarik keluar Bauman dan memasukkan Hariono yang notabane merupakan gelandang bertahan. Keputusan itu membuat Arema kesulitan melakukan upaya. Skor 2-0 untuk kemenangan Persib bertahan sampai peluit panjang berbunyi.