Persebaya Vs Persib: Penentuan Juara Paruh Musim Liga 1

Duel menarik terjadi pada laga tunda Liga 1, di mana Persebaya Surabaya akan menjamu Persib Bandung di Gelora Bung Tomo, Kamis 26 Juli 2018. Duel ini akan menentukan juara paruh musim.

Andai bisa memenangkan laga tersebut, maka Persib akan naik ke puncak klasemen, dan menyegel gelar juara paruh musim. Saat ini, Persib berada di posisi kelima dengan 26 poin dari 16 laga.

Mereka kalah dua angka dari Barito Putera yang berada di puncak klasemen dan sudah bermain 17 kali. Pelatih Persib, Mario Gomez pun bertekad penuh agar menang pada laga tersebut.

“Absolutely, jika nanti menang poin menjadi 29 dan posisi kita langsung naik ke posisi satu. Menjadi juara paruh musim tentu akan menjadi hal yang positif untuk kita. Saya dan semua pemain sangat siap untuk merealisasikan itu semua,” ujar Gomez di situs resmi Persib.

Meski begitu, Gomez sadar bila pertandingan nanti akan berlangsung cukup sulit. Selain menghadapi kekuatan tim lawan, Persib juga akan bermain di hadapan para Bonek Mania.

“Saya tahu ini pertandingan akan sulit. Tapi, tim kami tidak akan pernah takut bermain dimanapun. Di samping Bonek, mungkin akan ada banyak Bobotoh di stadion, dan itu sangat bagus untuk kami,” lanjut Gomez.

Pelatih asal Argentina ini juga menilai akan menjadi pesta yang menyenangkan bila berhasil keluar sebagai pemenang. Terlebih, pendukung Persib akan hadir langsung di sana.

“It’s very nice. Persebaya Surabaya adalah tim besar di Indonesia dan kotanya juga sangat bagus. Begitu juga dengan pendukung kita yang sangat dekat dengan pendukung Persebaya, dan itu sangat penting, karena menurut saya besok akan menjadi pesta yang menyenangkan,” ujar Gomez.

Duel Sengit

Pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera, menyatakan laga akan berlangsung seru karena histori dari kedua tim. Belum lagi kedua tim bakal ngotot untuk mencuri kemenangan.

“Pertandingan juga akan seru karena kedua tim punya sejarah panjang. Poin di klasemen juga ketat. Semoga kami bisa dapatkan tiga poin,” kata Alfredo, Rabu 25 Juli 2018.

Meskipun menargetkan kemenangan, bukan berarti pertandingan pekan ke-17 tersebut mudah untuk Bajul Ijo. Alfredo menyadari betapa berbahayanya Persib.

“Mereka punya pemain yang bahaya. Kami waspadai semuanya. Di sesi latihan sudah kami persiapkan antisipasinya. Tapi kami main di kandang. Jadi kami akan berjuang untuk menang,” ucapnya.

Sementara itu, Mario Gomez juga menekankan agar para pemain Persib fokus selama pertandingan. Sebab, lengah sedikit akan dimanfaatkan dengan baik oleh Persebaya.

Gomez ogah kecolongan seperti saat bentrok dengan Barito Putera yang harus berakhir 2-2 usai unggul dua lebih dulu, pekan lalu. Ia bersama Persib pun siap menebus poin yang hilang pada laga besok malam.

“Fokus! Di pertandingan penting serta bergengsi ini konsentrasi lebih sangat diperlukan. Kita tidak boleh lengah walaupun hanya sedetik. Lengah akan berakibat fatal untuk tim kami,” paparnya.

Keharmonisan Suporter

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dipastikan bakal penuh sesak dalam duel Persebaya Surabaya versus Persib Bandung, Kamis 26 Juli 2018. Sebab, sebagai bentuk persaudaraan, ribuan Bobotoh bakal bergerak ke Stadion GBT demi menonton bersama duel ini secara langsung dengan Bonek.

Setidaknya, ada 5.000 Bobotoh yang akan berangkat ke Surabaya. Mereka bakal datang ke Surabaya, mayoritas dengan menggunakan bus.

Namun, ada juga beberapa Bobotoh yang menggunakan moda transportasi lain seperti kereta, mobil pribadi, dan pesawat.

Agus Rahmat, salah satu kelompok suporter Persib Viking, menyatakan jumlah Bobotoh yang hadir sudah sesuai dengan slot yang disediakan panitia.

“Tadinya mau konvoi cuma susah satu titik keberangkatannya. Nanti janjian di kilometer 207, Palikanci,” ujar Agus.

Jumlah Bobotoh yang hadir di laga tandang kali ini terbilang lebih banyak dari biasanya. Alasannya tak lain adalah persaudaraan antara Bobotoh dengan Bonek.

“Mungkin karena ada faktor persaudaraan sama Bonek. Persib juga sekarang menanjak. Kalau ke sana juga kan tak susah juga. Tidak akan ribet karena diakomodir sama tuan rumah,” jelas Agus.

Punya hubungan bagus dengan Bonek, Agus pun berharap agar Bobotoh nantinya bisa bersikap tertib dan menjaga Stadion GBT. Dia juga meminta kepada seluruh Bobotoh yang hadir untuk tak membawa benda-benda terlarang.

“Layaknya bertamu ke rumah orang saja, harus sopan,” kata Agus.