Beranda Kompetisi Lain Targetkan Lolos Olimpiade 2032, PSSI Diminta Syamsir Lebih Realistis

Targetkan Lolos Olimpiade 2032, PSSI Diminta Syamsir Lebih Realistis

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia kembali memasang target untuk bersaing di level dunia. Salah satunya adalah mencoba lolos ke Olimpade 2032. Untuk merealisasikan target tersebut, PSSI sudah menyiapkan beberapa program untuk pembinaan usia dini. Salah satunya pembentukan Timnas U-15.

Melihat rencana ini mantan Timnas U-23, Syamsir Alam turut memberikan komentar. Menurut Syamsir, sebelum melakukan program tersebut, seharusnya PSSI memperbaiki cara dalam menjaga dan merawat atlet-atlet tersebut.

“Saya mendukung sekali target itu, ya kenapa enggak? Tapi ya, PSSI harus realistis juga sih,” ucapnya saat ditemui di MNC Tower, Kebon Jeruk, Jumat (7/9).

“PSSI tidak boleh mementingkan diri sendiri. Harus memperhatikan juga nasib pemain. Karena kalau berbicara talenta, Indonesia tidak pernah kehabisan pemain bagus. Tetapi, bagaimana PSSI bisa menjaga talenta-talenta tersebut,” sambungnya.

Komentar Syamsir Alam kepada PSSI bukan tanpa alasan. Sebab dia dulu pernah merasakan menjadi bagian dari pembinaan pemain usia muda yang dirancang PSSI. Sempat digadang-gadang akan menjadi bintang masa depanIndonesia, karir
Syamsir justru berujung kurang bagus.
“Saya selalu bilang, jangan selalu salahkan pemain. Coba pembinaan dulu diperbaiki, baru kita bisa maju. Jadi harus lebih ada yang pagerin. Agar anak-anak ini tidak merasa sendirian tetap harus ada yang bina, tetap mendampingi. Enggak dilepas gitu saja,” jelas Syamsir.

Perlu diketahui, Syamsir Alam merupakan salah seorang dari segelintir pesepak bola yang pernah mencicipi pembinaan PSSI pada 2009 silam. Saat itu PSSI melakukan program SAD (Sociedad Anonima Deportiva) di Uruguay. Namun selepas mengikuti proyek tersebut lambat laun karir Syamsir justru meredup.

“Ketika saya selesai dari Uruguay dan sudah main di Belgia (FC Visse) dan DC United kurang ada yang benar-benar manage saya saja sih,” tukasnya.